10 TIPS MEMILIH KAMERA

Beberapa teman-teman saya kebanyakan bingung untuk memilih Kamera Digital, mereka kebanyakan bingung di Fitur dan MERK, malah ada beberapa yang ingin membeli SECOND HAND alias Bekas.. Saya mau bilang mendingan Beli Baru, Kalu Bekas walaupun masih ada Garansinya bisa saja nanti pas kita pake Error, Karena SHUTTER di Kiamera itu ada jangka waktunya, memang berbeda2 sih, ada yang 13.000 kali jepret udah harus ganti.. nah kan kita ngga tau kamerea yg kita beli itu Udah dipake brp kali jepret...
Nah disini saya mau kasih beberapa Tips Buat anda:

1. Dana

tips membeli kamera digital pertama adalah seberapa dalam anda akan merogoh kantung untuk ditukarkan dengan sebuah kamera digital? sebab bagaimanapun akhirnya pilihan anda ditentukan dengan besar duit yang musti anda bayarkan. asal anda tahu, rentang harga kamera digital amat lebar. anda bisa dapatkan sebuah kamera digital ‘hanya’ dengan harga sejutaan sampai puluhan juta rupiah. salah satu produsen lokal bahkan telah memiliki deretan produk kamera digital yang tergolong murah di kelasnya.

2. Tipe kamera digital

tips kedua adalah tipe kamera. di dalam dunia fotografi digital dikenal 3 type kamera digital, yakni : pocket, prosumer, dan digital SLR (single reflex lens) atau disingkat dslr. ketiganya dimaksudkan untuk membagi kelas kamera sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan pemakai. sebagai contoh, apabila anda bermaksud membawa serta kamera digital anda kemanapun pergi, pilihan tepat adalah model pocket. bentuknya memang seukuran kantung baju. kecil, tipis, namun tetap bisa memuat berbagai kecanggihan teknologi.

bagi anda yang membutuhkan kamera digital dengan kemampuan zoom di atas rata – rata dan memiliki kemampuan setting semi manual atau bahkan full manual, pilihan ada pada kamera digital prosumer. bentuk kamera digital ini lebih gemuk dan sedikit lebih berat dibandingkan dengan tipe pocket.

sedangkan bagi yang serius ingin mendalami fotografi digital, aku sarankan berburulah kamera dslr. kamera digital ini memiliki semua fitur yang dibutuhkan di dalam sebuah pemotretan. bahkan lensa dslr bisa diganti – ganti sesuai dengan kebutuhan. dan uniknya lensa dslr banyak yang kompatibel dengan lensa kamera manual jadul.

3. Fasilitas zoom kamera digital

di dalam dunia kamera digital dikenal dua macam zooming, yakni optical zoom dan digital zoom. tipe pertama mengacu kepada kemampuan fisik lensa di dalam melakukan pembesaran citra gambar yang masuk ke dalam sensor cahaya. sedangkan digital zoom adalah kemampuan logic software pemrosesan citra gambar di dalam melakukan pembesaran gambar. optical zoom tidak akan menghasilkan gambar pecah seperti di dalam digital zoom. anda musti hati – hati karena banyak penjual, khususnya di glodok yang selalu mengatakan TOTAL nilai zoom. pilihlah kamera digital yang memiliki angka optical zoom yang terbesar (apabila memang zoom menjadi titik perhatian anda).

4. Sensor dan ukuran sensor

Sensor kamera sangat berperan dalam menentukan hasil cetakan. Sensor adalah media pengganti film konvensional yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi data digital. Sensor size yang lebih besar akan menghasilkan detail gambar lebih baik disbanding dengan sensor size yang kecil. “Loh bukannya Megapixel yang lebih berperan dalam menentukan hasil cetakan besar?”. Megapixel memang berperan juga dalam menentukan besar hasil cetakan. Tapi pada dasarnya sensor size juga berperan dalam menentukan kualitas gambar. Itu sebabnya walau sudah banyak kamera poket dan prosummer dengan Megapixel besar tapi hasil cetakan saat dibesarkan masih kurang baik jika dibanding dengan hasil kamera DSLR yang memiliki Megapixel sama atau bahkan lebih kecil.


5. Pixel Kamera

Tentukan kira2 berapa besar hasil cetakan maksimal yang diharapkan untuk menentukan seberapa besar pixel yang nantinya harus tersedia dalam kamera anda, misalkan anda hanya mau mencetak diukuran maksimal 10Rs anda Cukup membeli yg di 6MP, kalau keperluan anda diatas itu sebaiknya membeli yg mega Pixelnya Besar 

6. Batre 
 
Batre merupakan sumber tenaga pada kamera. Carilah kamera yang menggunakan batre yang mudah didapatkan di pasaran. Contoh batre AA. Karena biasanya kamera type dan jenis tertentu menggunakan batre khusus. Dan biasanya harga nya cukup mahal. Selain itu terkadang klo jenis kamera itu sudah tergolong produk lama bukan tidak mungkin batre pendukungnya juga sudah langka dipasaran. Sedangkan kalau menggunakan jenis batre AA yang sangat mudah kita temui di toko2 atau bahkan di warung2 maka ini memudahkan kita jika kehabisan batre.


7. Memory 
 
Memory adalah media penyimpan hasil foto. Rata2 kamera poket dan prosummer menggunakan memory SD/MMC, xD, memory stick,dll. Semakin familiar memory yang digunakan untuk kamera anda semakin mudah pula anda menumukan nya di pasaran. Dan sudah barang tentu harga dipasaran bersaing. Hal ini mengungtungkan anda karena harga bisa lebih murah.
 

8. Cobalah kamera tersebut sebelum membeli
 
Kamera digital hampir sama dengan digital media lainnya, biasanya dilengkapi dengan menu dan tombol-tombol pengontrol untuk disesuaikan dengan keperluan kita. Beberapa amera memiliki perintah yang mudah dimengerti dibanding jenis lainnya. Perbandingan mudah atau susah dapat anda simpulkan jika anda sudah mencobanya. Juga perhatikan time delay dari mulai kita tekan tombol shoot sampai gambar selesai diambil (shutter lag), kamera tertentu ada yang delaynya sangat lama, tetapi ini juga berpengaruh dari kondisi ruang dan cahaya tempat kita mencoba kamera tersebut. Coba juga lensa zoomnya (optical zoom), apakah dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Ketahuilah juga berapa lama waktu yang harus ditunggu dari mulai menghidupkan kamera sampai kamera siap untuk digunakan. Jangan lupa mencoba LCD dan viewfindernya.



9. Tips lain dalam membeli kamera digital

pilihlah kamera digital yang menggunakan memory card yang umum dijumpai di pasaran. semakin banyak produsen yang membuat semakin murah harganya.

apabila anda berniat menggunakan kamera digital untuk memotret di ruangan yang minim cahaya misal sebuah konser musik indoor, kepekaan sebuah lensa sangat diperlukan. hal ini ditunjukkan dengan semakin besar angka iso. namun semakin besar iso semakin berisiko menghasilkan gambar dengan noise tinggi. meskipun ada beberapa kamera digital profesional yang memiliki iso tinggi dan noise yang rendah, namun tentu saja harganya akan sangat mahal untuk ukuran awam/pemula.

satu hal yang tidak kalah penting adalah bateray kamera digital. pemilihan penggunaan bateray AA atau AAA pada kamera digital lebih mengarah kepada pertimbangan harga dan kemudahan didapat di pasaran. patut dicatat bahwa bateray kamera digital, pada umumnya rechargable, memiliki umur/masa manfaat yang sangat terbatas. tentu saja anda tidak mau direpotkan untuk mencari pengganti bateray kamera digital anda bila memang sudah tiba waktunya untuk diganti.

untuk calon fotografer profesional, masih banyak faktor yang harus diperhatikan di dalam membeli sebuah kamera digital. misalkan : dinamic range, white balance, speed, sampai refresh time.

10. Pertimbangkan membeli card reader

Card reader adalah alat tambahan yang digunakan untuk membaca memory card pada kamera digital. Pada saat kita membeli kamera digital, pasti sudah disertakan kabel dan driver untuk mentransfer/memindahkan foto dari kamera ke komputer. Namun jika kita menggunakan alat yang disebut card reader, maka kita akan menghemat waktu untuk mentransfer dari kamera ke komputer dan dilakukan dengan cara yang sangat mudah, selain itu jika kita menggunakan card reader, maka kamera kita tidak perlu dihidupkan (on) dan akhirnya kita juga bisa menghemat umur battery kita.